ads

Informasi Penting

Untuk membantu pengembangan website ini, Beberapa file yang ada di www.kerkuse.id berbayar, untuk harga silakan konfirmasi di email: 99brens@gmail.com. Mohon maaf atas keitidak nyamanan ini. Sedangkan file gratis akan saya bagikan setelah perbaikan link yang mengalami perubahan, paling lama satu bulan sejak ini disampaikan. Trims

Analisa Harga Yang Cocok Diterapkan Dipedesaan

Untuk menyusun pelaksanaan pekerjaan di desa agar memenuhi persyaratan spesifikasi dan secara teknis dapat dipertanggung-jawabkan diperlukanlah Analisa-Analisa Mudah Untuk Diterapkan di Pedesaan

Dari tahun-ketahun dana yang digelontorkan oleh pemerintah pusat untuk seluruh desa di Indonesia semakin besar, sehigga desa-desa tersebut dituntut untuk melakukan pengelolaan dana yang baik dan tepat sasaran sehingga dapat di pertanggunjawabkan.

Oleh sebab itu perlu adanya perencanaan di setiap kegiatan yang dapat di pertanggungjawabkan khusunya proyek-proyek infrastruktur di tingkat desa. Untuk menyusun pelaksanaan pekerjaan akan memenuhi persyaratan spesifikasi dan secara teknis dapat dipertanggung-jawabkan tersebut diperlukanlah analisa-analisa sederhana yang mudah untuk diterapkan.

Analisa Teknis ialah rincian perhitungan komponen tenaga kerja, bahan dan peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu jenis pekerjaan tertentu sesuai dengan methode pelaksanaan dan spesifikasi teknis tertentu.

Fungsi Analisis Harga Satuan ini digunakan sebagai suatu dasar untuk menyusun perhitungan harga perkiraan sendiri (HPS) atau owner’s estimate (OE) dan harga perkiraan perencana (HPP) atau engineering’s estimate (EE) yang dituangkan sebagai  kumpulan  harga  satuan  pekerjaan  seluruh  mata  pembayaran setiap pekerjaan.

Analisa harga satuan dapat diproses secara manual atau menggunakan perangkat lunak. Anlisa harga satuan ini adalah sebagai bagian dari dokumen kontrak harga satuan, dan harus disertakan dengan rinciannya sebagai lampiran yang tidak terpisahkan, serta sebagai alat untuk menilai kewajaran penwaran. Nilai total HPS bersifat terbuka dan tidak rahasia serta digunakan untuk menetapkan besaran nilai tertinggi penawaran yang sah.

Analisa harga satuan ini menguraikan suatu perhitungan harga satuan upah,tenaga kerja dan bahan, serta pekerjaan yang secara teknis dirinci secra detail berdasarkan suatu metode kerja dan asumsi-asumsi yang sesuai dengan yang diuraikan dalam suatu spesifikasi teknik, gambar desain dan dokumen harga satuan, baik untuk kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan, maupun peningkatan atau pembangunan.

Berikut Rekomendasi Analisa-anlisa yang dapat di gunakan untuk menunjang kegiatan pembangunan di pedesaan.

Analisa SNI


Rekomendasi pertama adalah Analisa SNI, karena analisa ini sangat sederhana, dan mudah dimengerti, selain itu analisa ini koefesien-koefesiennya sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia, untuk analisanya silakan download disini.

cocok untuk Pengadaan Pekerjaan Pasangan batu, Pemeliharaan saluran, Pemeliharaan pagar, jalan beton, dll.

Anaalisa ABK


Rekomendasi yang kedua adalah Analisa Biaya Konstruksi (ABK), Analisa ini adalah analisa semi mekanis yang artinya analisa yang dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan manual maupun pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan alat. Seain itu analisa ini sangat sederhana, dan mudah dimengerti, dan koefesien-koefesiennya sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia, untuk analisanya silakan download disini


cocok untuk Pengadaan Pekerjaan Pasangan batu, Pemeliharaan saluran, Pemeliharaan pagar, jalan beton, bangunan kantor, bangunan perumahan, dll.

Anlisa K (analisa kabupaten/Kota)


Rekomendasi ketiga adalah Analisa K


Adapun yang menjadi tujuan penyusunan Analisa-analisa  ini adalah untuk mendapatkan perkiraan harga pekerjaan Jasa Pemborongan dalam arti :

  1. Perkiraan harga tersebut menjamin pelaksanaan pekerjaan akan memenuhi persyaratan spesifikasi dan secara teknis dapat dipertanggung-jawabkan ;
  2. Perhitungan harga yang disusun dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Perhitungan harga tersebut merupakan alternatip terendah yang memenuhi syarat-syarat sebagaimana dimaksud dalam butir 1 dan butir 2 di atas ;

Subscribe to receive free email updates: