ads

Informasi Penting

Untuk membantu pengembangan website ini, Beberapa file yang ada di www.kerkuse.id berbayar, untuk harga silakan konfirmasi di email: 99brens@gmail.com. Mohon maaf atas keitidak nyamanan ini. Sedangkan file gratis akan saya bagikan setelah perbaikan link yang mengalami perubahan, paling lama satu bulan sejak ini disampaikan. Trims

Mengenal Kawat Bronjong

 Apa itu Kawat Bronjong


Saat berhadapan dengan banjir dan tanah longsor, anda mungkin akan langsung teringat dengan kawat bronjong. Kawat bronjong merupakan salah satu solusi jitu untuk mengatasi erosi dan banjir di daerah pesisir sungai dan tanah longsor di daerah perbukitan. Resiko terjadinya longsor dan banjir tentu meningkat di musim penghujan seperti saat ini.


Seperti yang sudah saya singgung tadi, kawat bronjong banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi solusi permasalahan-permasalahan tadi. Kawat bronjong dipilih karena memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan solusi-solusi alternatif lainnya. Kira-kira apa saja kelebihan dari kawat bronjong ini sehingga kawat bronjong banyak dipilih?


Sebelum masuk ke sana, akan lebih baik coba kita bahas dulu sebenarnya apa itu kawat bronjong? 



Kawat bronjong sendiri adalah suatu bentuk anyaman dari kawat baja yang membentuk konfigurasi tertentu seperti kotak atau hexagonal yang berfungsi untuk menahan dan mengikat tumpukan batu yang digunakan untuk mencegah tanah longsor di tebing, jurang, atau sebagai tanggul penahan sungai dan pantai.


Bahan pembentuk kawat bronjong umumnya berasal dari baja yang sudah dilapisi oleh galvanis. Galvanisasi ini menyebabkan kawat bronjong memiliki sifat yang tahan air dan anti karat. Selain baja, ada juga kawat bronjong yang diproduksi dari bahan PVC.


Ada dua cara produksi kawat bronjong yang ada saat ini, yakni produksi kawat bronjong manual dan kawat bronjong pabrikasi. Sesuai namanya, kawat bronjong manual dibuat secara manual oleh tenaga kerja yang menganyam kawat bronjong tersebut. Karena dibuat oleh tenaga kerja manual, maka konsistensi ukuran kawat bronjong tidak terlalu baik. 


Kawat bronjong pabrikasi adalah kawat bronjong yang dibuat di pabrik dengan mesin-mesin tertentu yang sudah terstandarisasi. Oleh karena itu, hasil produksi kawat bronjong yang diproduksi oleh mesin di pabrik relatif lebih konsisten dan baik. Terlebih lagi kawat bronjong pabrikasi yang sudah memenuhi standar SNI dan Kemenperin. 


Ada banyak pabrik dan penjual kawat bronjong yang ada saat ini, oleh karena itu anda bisa memilih pabrik dan distributor kawat bronjong terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik dari segi harga dan lokasi pabrik yang berpengaruh terhadap harga dan jangka waktu pengiriman.


Kawat bronjong berkualitas memiliki beberapa kelebihan, diantaranya: kawat bronjong memiliki konfigurasi yang lebih kuat karena kawat bronjong diproduksi dengan teknik lilitan ganda. Selain itu, kawat bronjong relatif tidak mudah karatan: karena dibuat dari kawat baja yang dilapisi oleh galvanis, selain itu kawat bronjong juga merupakan material yang tidak mudah melebar dalam jangka waktu yang cukup lama. 


Satu kelebihan utama kawat bronjong lainnya adalah kemudahan pemasangan dan pengaplikasiannya sehingga kawat bronjong bisa digunakan dalam kondisi darurat dan bisa digunakan di daerah-daerah pelosok yang memiliki akses yang sulit. Hal ini bisa terjadi karena kawat bronjong relatif ringan dan mudah untuk dipindah dari satu tempat ke tempat lainnya.


Meski begitu, kawat bronjong juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu anda tahu. Kawat bronjong perlu dibuat di lahan yang berukuran lebar, apabila hanya dibuat dalam ukuran kecil maka bronjong tidak dapat berfungsi secara maksimal untuk mencegah erosi dan longsor dengan baik. Selain itu, kawat bronjong juga tidak terlalu cocok diletakkan di daerah dengan kadar asam dan garam yang tinggi seperti air laut karena dapat menyebabkan kawat bronjong berkarat.


Jadi bagaimana menurut anda, apakah kawat bronjong bisa jadi solusi yang tepat untuk menanggulangi erosi, banjir, dan tanah longsor? 


Subscribe to receive free email updates: