advertise

October 02, 2018

Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Penawaran

Biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuat penawaran tender atau lelang ini sebagai refrensi biaya bagi para kontraktor yang ingin mengikuti lelang atau tender pada suatu proyek.


Tidak ada yang gratis, begitu juga ketika kontraktor ingin mengikuti suatu lelang proyek di suatu instansi atau di kementerian. Biaya-biaya tersebut di butuhkan sebagai modal kontraktor untuk memenuhi syarat-syarat yang ada pada dokumen lelang.

Buat para teman-teman kontraktor sebelum mengikuti lelang harap dipertimbangkan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat sebuah penawaran, biaya-biaya tersebut akan digunakan untuk administrasi, biaya sewa alat, biaya sewa personil dan biaya-biaya lainnya.

Memang Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam membuat penawaran tender atau lelang bervariatif untuk masing-masing daerah atau asing-masing Instansi.

Sebagai refrensi berikut Contoh Data Pengadaan Di Kemeterian PU tahun 2017

Pada Lembar Data Kualifikasi (LDK) sebagai Berikut :

1. Nama Paket : Pelebaran Jalan Dalam kota
2. Nilai paket Rp. 19.971.350.000.000,-
3. Peralatan yang dibutuhkan :

  • S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan General Superintendent Pengalaman 5 Tahun, Profesi/Keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana jalan
  • S1 Teknik Sipil  Jabatan dalam pekerjaan Highway Engineer Pengalaman 5 Tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana jalan
  • S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan Brige Engineer, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Madya Pelaksana Jembatan
  • S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan Quality Control Manager, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli Manajemen Mutu
  • S1 Teknik Sipil Jabatan dalam pekerjaan K3 Konstruksi, pengalaman 5 tahun, Profesi/keahlian SKA-Ahli K3 

3. Personil yang dibutuhkan:
 
4. Surat  keterangan dukungan keuangan  dari bank pemerintah/swasta Rp. 1.997.135.000,-
5. Besarnya Jaminan Penawaran adalah Rp 399.427.000,-


Berikut Coba kita hitung biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu penawaran paket konstruksi tersebut :

Asumsi Peralatan dan Personil sewa semua.

Peralatan, Staf yang perlu dipersiapkan

  • 1 Orang atau lebih, Staff Pembuat Penawaran
  • Sebuah Laptop atau Pc
  • Printer + scanner
  • Layanan Internet
  • Alat tulis dan Kantor (ATK)

DATA ADMINISTRASI :

Biaya Sewa Personil

Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk sewa personil sesuai Syarat  personil pada dokumen LDK diatas adalah perorang 2 juta, jika dibutuhkan 5 orang maka biayanya adalah 5 x 2.000.000 adalah 10 Juta Rupiah.

Biaya Sewa Peralatan :

  1. Asphalt Mixing Plant, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa AMP adalah 10 Juta
  2. Stone Crusher, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa Stone Crusher adalah 5 Juta
  3. Asphalt Finisher, Motor Grader, Tandem Roller, Tire Roller, Vibratory Roller, Pendistrian Roller, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa AMP adalah 500 Ribu/Unit, berarti baya yang dibutuhkan adalah 6 x 500 Rbu adalah 3 Juta 
  4. Dump Truck, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa satu Unit Dump Truck adalah 250 Ribu/Unit, Jika dibutuhkan 15 berarti 15 x 250 Ribu adalah 3.75 Juta
  5. Water Tanker dan Asphalt Distributor, Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat perjanjian sewa satu Unit Water Tengker dan Asphalt Distributor  adalah 500 Ribu/Unit, Jika dibutuhkan 2 berarti 2 x 500 Ribu adalah 1 Juta
  6. Untuk alat-alat lainnya hanya diperlukan kwitansi, kita anggap  biayanya 500 Ribu.
Surat Keterangan Dukungan Bank

Biaya untuk membuat surat  keterangan dukungan keuangan  dari bank pemerintah/swasta sebesar Rp. 1.997.135.000 biasanya adalah 1.5 Juta

Jaminan Penawaran

Biaya untuk membuat surat  keterangan dukungan keuangan  dari bank pemerintah/swasta sebesar Rp. 399.427.000 biasanya adalah 500 Ribu.

Biaya lain-lain
Pembelian Kertas, dan Matrai Rp. 500 Ribu


DATA TEKNIS

Jika menggunakan Jasa orang lain untuk membuat Penawaran teknis biayanya rata-rata adalah 10 Juta/ penawaran.


TOTAL BIAYA 

Jadi jika kontraktor ingin mengikuti pelelangan untuk nilai paket Rp. 19.971.350.000,- asumsi seluruh peralatan, personil, staff menggunakan jasa sewa, Biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu penawaran tersebut adalah sebesar 42,5 Juta Rupiah.

Jika memasukan penawaran menggunakan 2 perusahaan, biaya yang dibutuhkan adalah 85 Juta rupiah.

Sungguh biaya yang tdak sedikit bukan??, sayang jika kalah dalam penawaran.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner