advertise

September 16, 2016

Belajarlah Dari Google

Belajarlah dari Mesin pencari, karena mesin pencari menyediakan kebutuhan informasi yang kita butuhkan.

Pentingnya Informasi

Semakin banyak kita menyerap informasi semakin luas wawasan kita, kita tidak lagi rendah diri jika dihadapkan dengan pergaulan yang luas, kita memiliki bahan untuk merespon, menanggapi dan menyimpulkannya apa yang telah dibahas.

Image Kerkuse
Pada jaman dahulu kebutuhan informasi merupakan kebutuhan sekunder yang selalu dicari demi memuaskan rasa ingin tahu bagi semua orang, baik, melalui koran, majalah, jurnal, literatur dan kepustakaan. Tetapi sekarang Informasi di era globalisasi telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Masyarakat informasi memiliki kebutuhan utama untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan yang berguna untuk mendukung kegiatannya sehari-hari baik sebagai pengusaha, pegawai, dosen, guru, mahasiswa, siswa, petani, buruh dan berbagai profesi lainnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan makin meningkatnya penyebaran informasi mendorong manusia selalu ingin tahu setiap detik, menit, tentang suatu hal yang dapat memperluas wawasannya.

Kebutuhan informasi seseorang menjadi meningkat apabila ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap suatu hal. Rasa ingin tahu yang tinggi tersebut khususnya timbul pada anak remaja khususnya pelajar dimana mereka membutuhkan masukan-masukan dari luar dirinya. Mereka membutuhkan informasi bukan hanya informasi tentang mata pelajaran dan tugas-tugas sekolah tetapi juga membutuhkan informasi lain dan yang terbaru yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, dalam masyarakat, lingkungan maupun dalam kehidupan individualnya seperti kesehatan, religi, dan gaya hidup.

Adapun kebutuhan informasi seseorang dapat dibedakan menjadi:
  1. kebutuhan personal yaitu kebutuhan menyangkut pribadi siswa misalnya kebutuhan tentang kesehatan, pendidikan, agama, pengembangan diri, mode/fashion, dan gaya hidup.
  2. Kebutuhan kedua yaitu kebutuhan terkait peran sosial yaitu peran sebagai pelajar yang membutuhkan informasi tentang tugas-tugas sekolah, materi pelajaran. Sedangkan kebutuhan ketiga adalah kebutuhan informasi terkait lingkungan, yaitu lingkungan sekolah dan tempat tinggal

Tapi sayang kebutuhan informasi tersebut memelukan waktu luang yang cukup untuk mendapatkannya, semisal jika kita pergi ke perpustakaan kita memerlkan waktu yang lama, selain waktu yang lama kita juga akan dihadapkan kebanyak pilihan buku dengan berbagai pengarang dan dengan berbagai judul, sehingga kita tidak bisa secara instan mendapatkan informasi yang kita inginkan. Lainhalnya jika kita mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google.com, Yahoo.com, Bing.com, Ask.com dan banyak lagi yang lain,  kita secara cepat bahkan dalam hitungan detik dapat mendapatkannya.

Kaitan Belajar dan Mencari iformasi

Belajar dan mencari informasi memiliki korelasi, bedanya jika informasi bersifat umum untuk memenuhi kebutuhan rasa tentang banyak hal, sedangkan belajar bersifat khusus dengan tujuan meningkatkan intelektualitas diri seseoarang. Semakin banyak informasi yang kita gali dan dapatkan tentu akan berpengaruh terhadap intelektualitas diri seseorang, tentu dalam hal ini informasi yang positif.

Perkebangan Dalam Pemenuhan Informasi

Dalam dunia modern kehausan informasi sangat mudah dipenuhi dengan banyak aplikasi-aplikasi digital yang tinggal kita pasang di smartphone yang kita miliki, seperti vivanews.com, kompas.com, tempo.co, dan lain-lain. Diluar yang saya sebutkan tadi tidak kalah pentingnya keberadaan mesin pencari seperti Google.com, Google.com adalah mesin pencari peringkat satu yang ada di bumi ini, kerena kecepatan dan keakuratan mensin pencari ini lebih unggul daripada mesin pencari lainnya, sehingga dengan mudah dan cepat pula kita mencari informasi yang kita butuhkan, tinggal masukan kata kunci yang ingin kita cari dan tekan search, maka akan muncul ribuan refrensi yang akan kita dapatka.
   

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner