February 17, 2015

Mengatasi Pesan Lalu lintas tidak biasa dari jaringan komputer Anda

Cara Mengatasi Pesan Lalu lintas tidak biasa dari jaringan komputer Anda

Beberapa hari ini saya di pusingkan dengan pesan error "Lalu lintas tidak biasa dari jaringan komputer Anda" atau "Unusual traffic from your computer network".  

Pesan ini terjadi ketika saya ingin membuatkan sepupu saya sebuah email di google.com. setelah registrasi dan ingin ke langkah selanjutnya muculah pesan error google.com tersebut "Lalu lintas tidak biasa dari jaringan komputer Anda" atau "Unusual traffic from your computer network"

Mengapa ada pesan pesan error ini?

Setelah saya mencari tahu di berbagai artikel mengapa pesan error ini muncul beberapa pendapat berkesimpulan bahwa Google mendeteksi aktifitas-aktifitas berikut:
  1. Kita telah teridentifikasi mengirim penelusuran dari robot atau program computer atau layanan otomatis, atau penjiplak penelusuran (Meta Searching) 
  2. Kita telah menggunakan perangkat lunak untuk mengirim penelusuran ke Google untuk menaikan page rank web kita atau melihat cara situs web atau laman web mendapat peringkat di Google (untuk keperluan SEO)
Sebenarnya jika hanya kesalahan seperti diatas dapat kita atasi dengan melihat CAPTCHA (kata berlekuk-lekuk dengan kotak di bawahnya), masukkan kata ke dalam kotak. Jika berhasil, Anda akan dapat menggunakan produk Google kembali.


Dan jika masalahnya bukan disebabkan dengan masalah diatas tetapi diakibatkan oleh Aktifitas-aktifitas dibawah ini:
  1. Adanya malware di sistem komputer Anda (khususnya jika Anda sering mendownload file gratis dari internet, kemungkinan besar komputer Anda terjangkit malware). Maka carilah Cara untuk menghapus menghapus malware tersebut.  
  2. Adanya konflik antivirus anda misalnya Norton dan A-Squared, Martin.Menjalankan dua produk keamanan yang menyediakan fungsi yang sama secara bersamaan dapat menyebabkan mereka untuk berbenturan, menghasilkan masalah perilaku acak. Jika Anda tidak dapat uninstall A-Squared menggunakan Add / Remove Programs, Anda mungkin perlu boot PC ke mode Safe pertama. 
  3. Adanya Pesan kesalahan yang Anda terima kemungkinan disebabkan oleh browser Firefox add-on (meskipun Google Toolbar sering salah menyalahkan).Di Firefox pergi ke Tools, Add-ons dan menonaktifkan semua entri. Jika semuanya baik, restartlah browser anda, memungkinkan setiap add-on pada gilirannya untuk mengidentifikasi pelakunya. 
  4. Adanya masalah dengan jaringan komputer Anda (khususnya jika Anda berbagi jaringan internet dengan orang lain seperti di Warnet, kantor, atau sekolah). Masalah dengan modem atau WiFi router Anda. (jika Anda memakai komputer pribadi/tidak memiliki Admin Jaringan, Anda dapat menyetel ulang/reset modem atau router Anda). 
  5. Jika Anda menggunakan jaringan internet publik seperti di Warnet, sekolah, atau kantor tempat Anda bekerja. Anda dapat melakukan langkah berikut: Periksa jika komputer Anda terjangkit perangkat lunak perusak atau Malware. Informasi lengkap mengenai apa itu Malware dan cara menghapus malware dari komputer atau browser di sini.Hubungi Admin jaringan Anda. Periksa jika ada pengguna jaringan yang sama menyebabkan jaringan mengirimkan lalu lintas otomatis ke Google (seperti melakukan aktifitas SEO). 

Apa yang dapat saya lakukan jika saya sudah mengikuti langkah di atas dan tetap mendapatkan pesan error tersebut?
  1. Laporkan masalahnya ke productforums.google.com. yanga akan ditindaklanjuti jika memerlukan informasi lebih lanjut atau jika memiliki sesuatu untuk dilaporkan kembali. Anda dapat memilih salah satu cara untuk mengecek IP address di sini. Balas pos ini dengan informasi sebagai berikut.
  2. Sepertinya masalahnya berada pada operator penyedia jasa internet Anda. Beberapa operator penyedia jasa internet memberikan IP address kepada pengguna ketika mereka terkoneksi dengan internet secara acak dari sekumpulan range IP yang memang sedang tidak digunakan oleh siapapun. (istilahnya disebut dengan IP dinamis). Kemungkinan bahwa IP address yang Anda miliki saat ini dari operator tersebut sudah diblokir oleh Google secara otomatis dari pengguna sebelumnya. Jika ternyata ini yang menyebabkan masalah ini, Anda bisa mencoba memutuskan koneksi dan menghubungkan lagi kemudian mencoba mengakses Google, jika setelah banyak percobaan dan masih tidak bisa, silakan berganti operator lain atau mencoba menghubungi call center dari operator tersebut. Anda bisa mengetahui alamat IP publik Anda melalui situs ini : http://www.whatismyip.com/
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner