advertise

January 30, 2018

Dalam Lelang, Apakah Analisa Harga Satuan Wajib Diupload ??

Penawaran pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tidak mewajibkan rincian atau uraian harga satuan pekerjaan untuk diupload peserta lelang.

Rincian atau uraian harga satuan pekerjaan tersebut termasuk analisa harga, analisa alat, analisa agregat, dan analisa lainnya.

Dalam mengikuti lelang hal yang paling memusingkan adalah membuat dokumen penawaran harga seperti analisa harga satuan, analisa alat, analisa quary, dan analisa agregat dll. Selain mebuat analisa tesebut hal yang paling lama adalah me-ngeset file-file tersebut dalam bentuk file PDF yang berurutan, sangat-sangat rumit.

Perubahan terbaru paket-paket lelang yang ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah bahwa bentuk rincian atau uaraian harga satuan pekerjaan (HSP) tersebut tidak diperlukan atau tidak harus dilampirkan, jadi para peserta lelang tidak diwajibkan untuk mengupload dokumen tersebut, kecuali Penawaran peserta lelang tersebut berada dibawah 80 % dari HPS, 

contoh, ada lelang dengan pagu 10 milyar, anda menawar 7,9 milyar, atau 7 milyar, berarti penawaran anda dibawah 80% dari HPS, penawaran seperti ini yang mewajibkan untuk melapirkan semua rincian atau uraian harga satuan pekerjaan (HSP) tersebut, sebab penawaran tersebut diperlukan Panitia atau Pokja untuk mengklarifikasi kewajaran harga, penawaran anda.

Syarat seperti diatas dapat ditemukan pada Lembar Data Kulifikasi (LDK), lihar contoh lebar Lembar Data Kualifikasi berikut :


Biasanya hal-hal yang diupload adalah:
  1. Mobilisasi
  2. Manajemen dan Keselamatan Lalu Lintas 
  3. Jembatan Sementara
  4. Pengamanan Lingkungan Hidup
  5. Pengeboran, termasuk SPT dan Laporan 
  6. Sondir termasuk Laporan
  7. Manajemen Mutu 
  8. Daftar upah dan bahan (unit price)
  9. Daftar Sewa alat per jam/hari

Catatan : dokumen diatas jika diperlukan oleh panitia atau pokja lelang, tetu akan dilampirkan dalam dokumen lelang (Lembar data kualifikasi) jika tidak ada berarti dokumen tersebut tidak bersifat wajib.

Kecuali dalam lembar data kualifikasi mensyaratkan lain, tentu semua bentuk rincian atau uaraian harga satuan pekerjaan (HSP) harus kita upload.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner