ads

Cara Menggunakan Apendo Versi 5 Bagi Penyedia

Aplikasi Pengamanan Dokumen untuk Peserta lelang (Apendo Peserta) pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Apendo Peserta digunakan untuk menenkripsi atau menyandi file-file penawaran yang dibuat oleh peserta lelang sebelum diupload/dikirim ke server LPSE. Apendo Peserta khusus diberikan untuk Peserta Lelang yang telah terdaftar diLPSE.

Aplikasi yang Anda gunakan pada saat ini adalah Apendo Peserta versi 5. Apendo Peserta versi 5.1.1 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Perbedaan yang mendasar dari versi 5 adalah framework pengembangan aplikasi menggunakan Qt yang bersifat lintas platform (Windows, Linux dan Mac).

Berikut Penjelasan Penggunaan Apendo Versi Terbaru

Unduh Apendo Penyedia (Kontraktor)
  1. Download Aplikasi Apendo Versi 5 pada Akun LPSE Penyedia
  2. Cari file Apendo di bawah beranda
  3. Kemudian Unduh Apendo Versi 5.1.2
  4. Setelah selesai mengunduh apendo, maka folder apendo yang berbentuk .zip di extract terlebih dahulu, selanjutnnya buka folder apendo versi 5.1.2 tersebut.
  5. Selanjutnya pilih folder bin, akan terdapat file apendo.exe

Mengirim File Penawaran
  1. Buka Akun LPSE Anda dan Klik nama Paket yang akan anda kirim file penawarannya, kirim terlebih dahulu data kualifikasi anda (data yang ada pada isian LPSE Anda), biar token pengiriman file penawaran muncul atau terbuka.
  2. Setelah Token Penawaran terbuka silakan login di Aplikasi Apendo versi 5
  3. Selanjutnya pilih file apendo.exe jalankan dengan mengklik 2 x)
  4. Setelah memilih file Apendo.exe maka akan muncul tampilan untuk mengisi User Id dan Pasword.
  5. Untuk menambahkan user baru dalam apendo versi 5, caranya yaitu dengan memilih tambah user di depan halaman menu utama
  6. Selanjutnya isikan user ID Baru Anda, Buat password baru (terserah), dan konfirmasi password (isi ulang pasword anda). Setelah itu klik tambah. Jika berhasil maka tampilan akan menampilkan halaman utama untuk login
  7. Login Isikan user ID dan password yang sudah berhasil dibuat sebelumnya.
  8. Setelah berhasil login, maka akan muncul halaman untuk memasukan token
  9. Selanjutnya, tarik token yang ada pada paket yang akan anda kirim file penawarannya, dan letakan token di kolom yang tersedia di apendo dan klik kirim token. 
  10. Selanjut akan muncul halaman dengan beberapa kolom, kolom 1, surat penawaran, kolom 2, Administrasi dan Teknis, Kolom 3, Penawaran Harga, dan Kolom 4 Enkripsi & Pengiriman.
  11. Pada Kolom 1, Surat Penawaran silakan Baca surat Penawarannya, jika sudah selesai klik Simpan 
  12. Pada Kolom 2, Administrasi dan teknis, silakan klik tambah samping kanan dan upload atau input file sesuai dengan yang diminta, sesuai dengan urutan (jika ada dua file atau lebih yang ingin anda upload, silakan klik lagi tambah) pada item berkaitan. (tidak semua mesti file Pdf, kecuali diminta di dalam dokumen penawaran). Setelah selesai menginput silakan periksa ulang, jika sudah ok,  Klik Simpan
  13. Masuk lagi kehalam 3, Penawaran Harga silakan isi format yang ada sesuai dengan yang diminta (biasanya Rab penawaran) setelah mengisi format penawaran silakan klik file tambah pada atas kolom, silakan input file Daftar harga dan Kuantitas.Setelah selesai menginput silakan periksa ulang, jika sudah ok,  Klik Simpan. (jika file daftar harga dan kuantitas dalam format pdf yang anda kirim mengalami kegegalan dalam proses enkripsi dan pengiriman, sebaiknya file tersebut diganti dengan format excel). 
  14. Masuk kehalam 4, Enkripsi & Pengiriman silakan tekan enskripsi biar file penawaran anda terenskripsi, kemudian jika telah selesai proses enskripsi (jika prose enskripsi selesai akan muncul tulisan bewarna merah).Selanjutnya silakan anda tekan kirim.



Pengecekan Ulang Penawaran terkirim atau Tidak.
  1. Selesai proses pengiriman, silakan log out pada akun lpse anda dan masuk lagi, klik paket lelang yang anda ikuti nanti akan ada keterangan seperti gambar dibawah ini 
  2. Untuk Pengecekan ulang file-file penawaran yang telah kita kirim, silakan login ke akun LPSE Anda dan cek Inbox (Kanan Atas dibawah Nama Penyedia), cari File Notifikasi Pengiriman Penawaran silakan cek ulang, jika ada file yang tidak terinput atau upload ulangi langkah Pengiriman Penawaran dari awal.
Demikian penjelasan Singkat mengenai tata cara menggunakan Apendo Versi 5 ini bagikan. Bila banyak kekurangan pada penjelasannya saya mohon maaf, jika ada pertanyaan silakan kirim via email. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates: