ads

Informasi Penting

Untuk membantu pengembangan website ini, Beberapa file yang ada di www.kerkuse.id berbayar seperti, AHSP 2022, Analisa SDA, Analisa Bangunan Gedung, dll, untuk harga silakan konfirmasi di email: 99brens@gmail.com atau hubungi saya melaui Whatsapp 081256600602 Mohon maaf atas keitidak nyamanan ini. Sedangkan file gratis akan saya bagikan setelah perbaikan link yang mengalami perubahan, paling lama satu bulan sejak ini disampaikan. Trims

Cara Menggunakan Apendo Versi 5 Bagi Penyedia

Aplikasi Pengamanan Dokumen untuk Peserta lelang (Apendo Peserta) pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE),merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Apendo Peserta digunakan untuk menenkripsi atau menyandi file-file penawaran yang dibuat oleh peserta lelang sebelum diupload/dikirim ke server LPSE. Apendo Peserta khusus diberikan untuk Peserta Lelang yang telah terdaftar diLPSE.

Aplikasi yang Anda gunakan pada saat ini adalah Apendo Peserta versi 5. Apendo Peserta versi 5.1.1 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Perbedaan yang mendasar dari versi 5 adalah framework pengembangan aplikasi menggunakan Qt yang bersifat lintas platform (Windows, Linux dan Mac).

Berikut Penjelasan Penggunaan Apendo Versi Terbaru

Unduh Apendo Penyedia (Kontraktor)
  1. Download Aplikasi Apendo Versi 5 pada Akun LPSE Penyedia
  2. Cari file Apendo di bawah beranda
  3. Kemudian Unduh Apendo Versi 5.1.2
  4. Setelah selesai mengunduh apendo, maka folder apendo yang berbentuk .zip di extract terlebih dahulu, selanjutnnya buka folder apendo versi 5.1.2 tersebut.
  5. Selanjutnya pilih folder bin, akan terdapat file apendo.exe

Mengirim File Penawaran

  1. Buka Akun LPSE Anda dan Klik nama Paket yang akan anda kirim file penawarannya, kirim terlebih dahulu data kualifikasi anda (data yang ada pada isian LPSE Anda), biar token pengiriman file penawaran muncul atau terbuka.
  2. Setelah Token Penawaran terbuka silakan login di Aplikasi Apendo versi 5
  3. Caranya pilih file apendo.exe jalankan dengan mengklik 2 x)
  4. Setelah memilih file Apendo.exe maka akan muncul tampilan untuk mengisi User Id dan Pasword.
  5. Untuk menambahkan user baru dalam apendo versi 5, caranya yaitu dengan memilih tambah user di depan halaman menu utama
  6. Selanjutnya isikan user ID LPSE anda Anda, Buat password baru (terserah), dan konfirmasi password (isi ulang pasword anda). Setelah itu klik tambah. Jika berhasil maka tampilan akan menampilkan halaman utama untuk login
  7. Login Isikan user ID dan password yang sudah berhasil dibuat sebelumnya.
  8. Setelah berhasil login, maka akan muncul halaman untuk memasukan token
  9. Selanjutnya, tarik token yang ada pada paket yang akan anda kirim file penawarannya, dan letakan token di kolom yang tersedia di apendo dan klik kirim token. 
  10. Selanjut akan muncul halaman dengan beberapa kolom, kolom 1, surat penawaran, kolom 2, Administrasi dan Teknis, Kolom 3, Penawaran Harga, dan Kolom 4 Enkripsi & Pengiriman.
  11. Pada Kolom 1, Surat Penawaran silakan Baca surat Penawarannya, jika sudah selesai klik Simpan/setuju 
  12. Pada Kolom 2, Administrasi dan teknis, silakan klik tambah samping kanan dan upload atau input file sesuai dengan yang diminta, sesuai dengan urutan (jika ada dua file atau lebih yang ingin anda upload, silakan klik lagi tambah) pada item berkaitan. (tidak semua mesti file Pdf, kecuali diminta di dalam dokumen penawaran). Setelah selesai menginput silakan periksa ulang, jika sudah ok,  Klik Simpan
  13. Masuk lagi kehalam 3, Penawaran Harga silakan isi format yang ada sesuai dengan yang diminta (biasanya Rab penawaran) setelah mengisi format penawaran silakan klik file tambah pada atas kolom, silakan input file Daftar harga dan Kuantitas.Setelah selesai menginput silakan periksa ulang, jika sudah ok,  Klik Simpan. (jika file daftar harga dan kuantitas dalam format pdf yang anda kirim mengalami kegegalan dalam proses enkripsi dan pengiriman, sebaiknya file tersebut diganti dengan format excel). 
  14. Masuk kehalam 4, Enkripsi & Pengiriman silakan tekan enskripsi biar file penawaran anda terenskripsi, kemudian jika telah selesai proses enskripsi (biasanya jika proses enskripsi selesai akan muncul tulisan bewarna merah).Selanjutnya silakan anda tekan kirim. Tunggu beberapa saat nanti akan mucul tulisan penwaran anda telah terkirim.



Pengecekan Ulang Penawaran terkirim atau Tidak.

  1. Selesai proses pengiriman, silakan log out pada akun Apendo anda (sebainya jangan ditutup terlebih dahulu,biar tidak membuat pasword baru lagi) lalu masuk ke akun lpse anda dan refresh, cara kedua log out dahulu dari akun LPSE anda dan masuk lagi, klik paket lelang yang anda ikuti nanti akan ada keterangan seperti gambar dibawah ini 
  2. Cara pengecekan kedua adalah login ke akun LPSE Anda dan cek Inbox (Kanan Atas dibawah Nama Penyedia), cari File Notifikasi Pengiriman Penawaran.
  3. Untuk Pengecekan file-file yang telah anda kirim sebaiknya setelah proses enkripsi anda selesai klik file tersebut dan copi di folder tersendiri. Setelah File tersebut di copy baru file penawaran tersebut dikirim. (kelemahan apendo versi 5 adalah tidak bisa menyimpan file yang telah kita kirim)
Demikian penjelasan Singkat mengenai tata cara menggunakan Apendo Versi 5 ini bagikan. Bila banyak kekurangan pada penjelasannya saya mohon maaf, jika ada pertanyaan silakan kirim via email. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates: