November 10, 2018

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu Kosong

Pekerjaan Pasangan Batu Kosong harus mencakup penyediaan baik batu yang diisikan ke dalam bronjong kawat (gabion) maupun pasangan batu kosong pada landasan yang disetujui sesuai dengan detil  yang ditunjukkan dalam pada Gambar dan memenuhi Spesifikasi.


Pemasangan harus dilakukan pada tebing sungai, lereng timbunan, lereng galian, dan permukaan lain yang terdiri dari bahan yang mudah tererosi di mana perlindungan terhadap erosi dikehendaki.

Selain itu Pekerjaan pasangan batu kosong ini dilaksanakan juga pada dasar box culvert sebelum dilakukan pekerjaan beton fc’ 10 Mpa untuk lantai kerja. Pekerjaan ini dilakukan secara manual oleh pekerja. Batu belah disusun pada tanah dasar yang kondisi tanahnya lembek sehingga didapatkan suatu lapisan yang kokoh dan stabil untuk menahan beban di atasnya.

Batu yang berukuran lebih besar harus diletakkan pada bagian paling bawah lalu dilanjutkan dengan menyusun batu yang berukuran lebih kecil di atasnya sampai memenuhi ketebalan/dimensi yang sesuai dalam gambar. Pemasangan batu kosong harus diupayakan serapat mungkin sehingga tidak banyak terdapat rongga.

Pelaksanaan:
  1. Galian harus memenuhi ketentuan dari spesifikasi Galian, termasuk kunci pada tumit yang diperlukan untuk pasangan batu kosong dan bronjong. Landasan harus dipasang sesuai dengan Spesifikasi. Seluruh permukaan yang disiapkan harus disetujui oleh Direksi Pekerjaan sebelum penempatan pasangan batu kosong atau bronjong.
  2. Terkecuali diletakkan untuk membentuk lantai (apron) mendatar, pasangan batu kosong harus dimulai dengan penempatan lapis pertama dari batu yang paling besar dalam galian parit di tumit lereng. 
  3. Batu harus ditempatkan dengan mobil derek (crane) atau dengan tangan sesuai dengan panjang, tebal dan ke dalaman yang diperlukan. Selanjutnya batu harus ditempatkan pada lereng sedemikian hingga dimensi yang paling besar tegak lurus terhadap permukaan lereng, jika tidak maka dimensi yang demikian akan lebih besar dari tebal dinding yang disyaratkan. 
  4. Pembentukan batu tidak diperlukan bilamana batu-batu tersebut telah bersudut, tetapi pemasangan harus menjamin bahwa struktur dibuat sepadat mungkin dan batu terbesar berada di bawah permukaan air tertinggi. Batu yang lebih besar harus juga ditempatkan pada bagian luar dari permukaan pasangan batu kosong yang telah selesai.
  5. Seluruh permukaan batu harus dibersihkan dan dibasahi sampai jenuh sebelum ditem-patkan. Beton harus diletakkan di atas batu yang telah dipasang sebelumnya selanjutnya batu yang baru akan diletakkan di atasnya. Batu harus ditanamkan secara kokoh pada lereng dan dipadatkan sehingga bersinggungan dengan batu-batu yang berdekatan sampai membentuk ketebalan pasangan batu kosong yang diperlukan.
  6. Celah-celah antar batu dapat diisi sebagian dengan batu baji atau batu-batu kecil, sedemikian hingga sisa dari rongga-rongga tersebut harus diisi dengan beton sampai padat dan rapi dengan ketebalan tidak lebih dari 10 mm dari permukaan batu-batu tersebut.
  7. Lubang sulingan (weep holes) harus dibuat sesuai dengan yang diperintahkan oleh Direksi Pekerjaan.
  8. Pekerjaan ini harus dilengkapi peneduh dan dilembabi selama tidak kurang dari 3 hari setelah selesai dikerjakan.
  9. Pekerjaan pasangan batu kosong ini dilaksanakan pada dasar box culvert sebelum dilakukan pekerjaan beton fc’ 10 Mpa untuk lantai kerja. 
  10. Pekerjaan ini dilakukan secara manual oleh pekerja. 
  11. Batu belah disusun pada tanah dasar yang kondisi tanahnya lembek sehingga didapatkan suatu lapisan yang kokoh dan stabil untuk menahan beban di atasnya. 
  12. Batu yang berukuran lebih besar harus diletakkan pada bagian paling bawah lalu dilanjutkan dengan menyusun batu yang berukuran lebih kecil di atasnya sampai memenuhi ketebalan/dimensi yang sesuai dalam gambar. Pemasangan batu kosong harus diupayakan serapat mungkin sehingga tidak banyak terdapat rongga.
Batu untuk pasangan batu kosong harus terdiri dari batu yang keras dan awet dengan sifat sebagai berikut:
  • Keausan agregat dengan mesin Los Angeles harus kurang dari 40%.
  • Berat jenis kering lebih besar dari 2,3.
  • Penyerapan air tidak lebih dari 4%.
  • Kekekalan bentuk agregat terhadap natrium sulfat atau magnesium sulfat dalam pengujian 5 siklus kehilangannya harus kurang dari 10%.
  • Batu untuk pasangan batu kosong haruslah bersudut tajam, memiliki dimensi minimum 200 mm. Direksi pekerjaan dapat memerintahkan batu yang ukurannya yang lebih besar jika kecepatan aliran sungai cukup tinggi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner