advertise

October 01, 2018

Pekerjaan Galian Yang Tidak Boleh Diukur Untuk Pembayaran

Kontraktor Indonesia Wajib Tahu, bahwa pekerjaan galian pasangan batu, galian pemasangan gorong-gorong, galian pemasangan aramco, galian selokan drainase beton merupakan pekerjaan galian yang tidak boleh diukur untuk pembayaran alias tidak akan dibayar.


Galian Drainase


Sebagian  besar  pekerjaan  galian  dalam  Kontrak  tidak  akan  diukur  dan dibayar menurut Spesifikasi teknis Bina Marga, sebab pekerjaan tersebut dipandang telah dimasukkan ke dalam harga penawaran yang merupakan konpensasi penuh item pekerjaan terkait.

Jika tetap diukur dan dilakukan pembayaran, tentu ketika diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pembayran tersebut diminta untuk dikembalikan. Sebab kontraktor diuntungkan karena menerima pembayaran dua kali, dari pembayaran pasangan batu, atau pemasangan gorong-gorong dengan pekerjaan galian.

Pemeriksa berpendapat bahwa pekerjaan tersebut merupakan kompensasi penuh yang sudah termasuk di dalam harga penawaran dalam kontrak untuk berbagai operasi.

Oleh sebab itu Para Kontraktor wajib memahami jenis-jenis pekerjaan galian yang boleh dibayar dan mana yang tidak boleh. Berikut Jenis  galian  yang  secara  spesifik  tidak  dimasukkan untuk pengukuran dan pembayaran :


Galian di luar garis yang ditunjukkan dalam profil dan penampang melintang

Galian di luar garis yang ditunjukkan dalam profil dan penampang melintanggambar kerja yang telah disetujui oleh direksi teknis Tidak akan Diukur untuk Pembayaran

Galian  diperlukan  sebagai  pekerjaan  tambah

Galian yang diperlukan sebagai akibat  dari longsoran lereng atau struktur sementara penahan tanah atau air (seperti penyokong, pengaku, atau cofferdam) yang sebelumnya telah diterima oleh Direksi Pekerjaan secara tertulis, juga Tidak akan Diukur untuk Pembayaran

Pekerjaan  galian  untuk  selokan drainase  dan  saluran  air menggunakan Beton,  

Pekerjaan  galian  untuk  selokan drainase  dan  saluran  air juga Tidak akan Diukur untuk Pembayaran, kecuali  untuk galian batu, tidak akan  diukur   untuk   pembayaran   menurut   Seksi ini. Pengukuran dan Pembayaran harus dilaksanakan menurut Seksi 2.1 dari Spesifikasi. 

Pekerjaan  galian  untuk  Pemasangan Gorong-gorong

Pekerjaan galian yang dilaksanakan untuk pemasangan gorong-gorong pipa, tidak akan diukur  untuk  pembayaran,  kompensasi  dari pekerjaan  ini dipandang telah dimasukkan ke dalam berbagai    harga satuan penawaran untuk  masing-masing bahan tersebut, sesuai dengan Seksi 2.3 dari Spesifikasi. 

Pekerjaan  Galian  Untuk  Pengembalian Kondisi

Pekerjaan  galian  yang  dilaksanakan  dalam  pengembalian  kondisi (reinstatement) perkerasan lama tidak akan diukur untuk pembayaran, kompensasi untuk pekerjaan ini telah dimasukkan dalam berbagai harga satuan  penawaran  yang  untuk  masing-masing  bahan  yang  digunakan pada operasi pengembalian kondisi sesuai dengan Seksi 8.1 dari Spesifikasi. 

Pekerjaan  Galian  Untuk Pengembalian Kondisi Bahu Jalan

Galian untuk pengembalian kondisi bahu Jalan dan pekerjaan minor lainnya, kecuali   untuk   galian  batu,  tidak   akan  dibayar   menurut  Seksi   ini. Pengukuran  dan pembayaran  akan dilaksanakan sesuai  Seksi 8.2 dari Spesifikasi. 

Pekerjaan  Galian  Untuk  Pemelharaan Jalan

Galian yang diperlukan untuk operasi pekerjaan pemeliharaan rutin   tidak akan diukur untuk  pembayaran, kompensasi untuk pekerjaan ini telah termasuk dalam harga penawaran dalam lump sum untuk berbagai operasi pemeliharaan rutin yang tercakup dalam Seksi 10.1 dari Spesifikasi.

Pekerjaan galian yang dilaksanakan untuk memperoleh bahan konstruksi dari sumber bahan (borrow pits) atau sumber lainnya di luar batas-batas daerah kerja  tidak boleh diukur untuk pembayaran.

Karena biaya pekerjaan ini dipandang  telah dimasukkan dalam harga satuan penawaran untuk timbunan atau bahan perkerasan. 

Pekerjaan  Galian  Dan Pembuangan

Pekerjaan galian dan pembuangan yang diuraikan dalam Spesifikasi ini selain untuk tanah, batu dan bahan perkerasan lama, tidak akan diukur untuk pembayaran. 

Sebab kompensasi untuk pekerjaan ini telah dimasukkan dalam berbagai harga satuan penawaran yang untuk masing-masing operasi pembongkaran struktur lama sesuai dengan Seksi 7.15 dari Spesifikasi.

Demikan penjelasan tentang Pekerjaan galian yang dapat dilakukan pembayaran dan itemgalian mana yang tidak boleh.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner