September 26, 2018

10 Peralatan Pekerjaan Asphalt

10 Peralatan Pekerjaan Asphalt berikut yang wajib di ketahui sebelum mendapatkan pekerjaan pengaspalan jalan. Berikut Penampakan 10 Peralatan Pekerjaan Asphalt Hot Mix beserta fungsinya :

1. STONE CRUSHER
 Stone Crusher
Stone Crusher adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memproduksi agregat kasar dan halus sesuai dengan jenis dan ukuran saringan. Material tersebutlah yang akan digunakan dalam campuran Asphlat Panas atau Hot Mix. 

2. ASPHALT MIXING PLANT
 Asphalt Mixing Plan
Asphalt Mixing Plant adalah suatu unit mesin atau peralatan yang digunakan untuk memproduksi  campuran aspal panas yang terdiri dari aspal, agregat kasar, agregat halus dan filler. Campuran akan di produksi sesuai dengan Job Mix Formula yang telah disetujui.

3. WHEEL LOADER
 Wheel Loader
Wheel loader merupakan alat pemindah materal dari satu alat ke alat yang lain atau dari satu titik ke titik lain. Untuk proses produksi di AMP, wheel loader berfungsi mengisi agregat kasar dan agregat halus pada cold bin

4. TRUCK SCALA
 Truck Scala
Truck Scale pada dasarnya sama dengan jembatan timbang. Kegunaan utama dari alat ini adalah untuk mengukur timbangan berat kendaraan truk atau kendaraan berat lainnya yang memiliki roda empat atau lebih. Timbangan ini sangat penting di tempatkan di sekitar AMP agar dump truck yang keluar membawa asphalt tercatat berat yang diangkutnya.

5. DUMP TRUCK
Dump truck berfungsi untuk memindahkan material,agregat,asphalt dll dari suatu titik ketitik yang lain. Dengan bantuan dump truck aspal akan di bawa ke lokasi penghamparan, sebelum meninggalkan AMP dump truck yang membawa aspal tersebut agar di timbang terlebih dahulu, sambil di beri tiket yang berisi informasi suhu aspal, waktu, berat kotor muatan, dan berat bersih aspal.

6. COMPRESSOR
Compressor adalah alat penghasil atau penghembus udara bertekanan tinggi (high pressure). Compressor berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran seperti debu-debu dan samapah pada lokasi pekerjaan sebelum dilakukan prime coat dan tack coat.

7. ASPHALT DISTRIBUTOR
Aspal Distributor ini digunakan untuk pekerjaan pendistribusian asphalt yang dilengkapi dengan sprayer berfungsi untuk menyemprotkan aspal cair ke media jalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

8. ASPHALT FINISHER
Asphalt finisher memiliki fungsi untuk menghamparkan aspal pada suatu area dan untuk mendapatkan lapisan yang rata. Paver dengan roda ban sebaiknya dipilih jika pada pengaspalan jalan alat tersebut sering dipindahkan. Sedangkan penggunaan paver dengan roda crawler akan lebih menguntungkan jika kondisi jalan yang akan dibangun menanjak atau menurun. Hal ini karena paver beroda crawler lebih stabil.

9. PNEUMATIC TIRE ROLLER
Alat ini biasa juga disebut dengan Universal Compactor, roda-roda penggilasnya terdiri dari ban karet yang dipompa (pneumatic). Penggilas dengan ban ini memiliki ciri khusus dengan adanya kneading effect, dimana air dan udara dapat ditekan keluar (pada tepi-tepi ban) yang segera akan menguap pada keadaan udara yang kering. Alat ini baik sekali digunakan pada pekerjaan pemadatan pada material granular atau digunakan pada pemadatan lapisan aus, antara, dan lapisan pondasi.

10. TANDEM ROLLER
Tandem roller termasuk sebagai alat pemadatan. Biasanya digunakan untuk penggilasan akhir, artinya fungsi alat ini adalah untuk meratakan permukaan. Tandem roller tidak digunakan untuk permukaan keras dan tajam karena dapat merusak roda.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner