advertise

January 27, 2017

Lima Trik Berbisnis Dengan Modal Minim

Kebanyakan orang sebelum memulai bisnis hal yang pertama dipikirkan adalah modal. Padahal modal bukanlah syarat satu-satunya dalam memulai bisnis.

Bisnis yang kita jalani kadang tidak semua sesuai dengan yang kita harapkan, kadang kegagalan yang banyak kita alami dibanding keberhasilan. 

Tetapi semua itu janganlah membuat kita putus aza, kegagalan dalam berbisnis tentu pernah dialami oleh kebanyakan orang yang sukses, kita jadikan pelajaran dan evaluasi untuk perbaikan bisnis yang akan datang tentu akan lebih berguna. Menyerah bukanlah jawaban, bangkit dan terus berusaha tentu kesuksesan akan menjadi bagian hidup anda.

Berikut ini ada lima trik bagi Anda yang ingin mulai berbisnis, namun minim modal:

1. Pilih jenis usaha dari hobi

Sekarang ini banyak jenis usaha yang berjalan dengan baik, karena awalnya berasal dari Hobi sang pemilik bisnis. Sebut saja seorang fotografer.

Dulu memotret banyak objek mungkin hanya sekedar hobi, namun saat ini hobi tersebut bisa mendatangkan uang. Setelah hobi dan mulai menekuni, biasanya mereka masih belum puas untuk segala sesuatunya.

Mereka akan mulai membuka usaha yang seperti di mind map mereka, untuk ditampilkan di dunia nyata dan memenuhi kebutuhan pelanggannya.

2. Maksimalkan modal yang terbatas

Berapapun modal yang Anda miliki, sebaiknya maksimalkan untuk tetap membangun sebuah bisnis. Bisnis itu sendiri ada beragam macamnya, sehingga tidak selalu harus menunggu modal banyak terlebih dulu.

Inspirasi Ide Usaha Franchise Makanan Ringan

Paling penting adalah tekad yang kuat, minat, dan bakat, serta kemauan untuk mulai berbisnis dan kerja cerdas untuk menuju kebebasan finansial di masa depan.

3. Pentingnya jaringan

Terkadang berbisnis itu tidak hanya karena sudah ada modal saja, namun kita memerlukan bantuan rekan lainnya untuk membantu perkembangan bisnis kita nantinya. Perbanyak relasi yang memiliki satu pemikiran dengan kita dalam bisnis. Hal tersebut juga berpotensi untuk menemukan pasar bisnis Anda.

4. Mengembangkan pengetahuan dan pelajari bisnisnya

Bisnis juga tidak hanya sekedar berjalan, namun juga butuh pembelajaran di dalamnya untuk semakin berkembangnya bisnis tersebut. Sejak sekarang, carilah informasi sebanyak mungkin tentang usaha yang ingin Anda jalankan. Banyak media pembelajaran saat ini yang bisa membantu menemukan informasi yang sesuai tentang bisnis terkait.

5. Memilih produk/jasa yang diminati orang banyak

Sebelum memutuskan jenis bisnis yang akan ditekuni, sebaiknya melakukan observasi dan membaca peluang, tren bisnis apa yang sedang terjadi saat ini. jangan membuat bisnis yang sedang banyak dilakoni orang lainnya, tapi buatlah bisnis yang memang peluangnya besar dan prospeknya bagus untuk ke depannya.

Buat bisnis dari membaca peluang

Sebaiknya temukan peluang di sekitar Anda sebelum memulai berbisnis. Misalnya, jika Anda tinggal di perumahan, di mana banyak anak-anak usia sekolah tinggal di sana, anda bisa membuat usaha jasa antar jemput sekolah, atau usaha membuat bekal makanan anak yang unik dan cukup diminati saat ini. Selain unik, bisnis seperti itu juga dapat bertahan lama.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner