November 01, 2016

Cara Membuat Kode Daftar Isi Blog atau Web

Ternyata gampang membuat site map atau daftar isi blog

Beberapa hari yang lalu saya ingin memasang daftar isi pada web ini, karena menurut banyak orang selain menarik aftar isi juga dapat memudahkan pengunjung blog atau web bernavigasi menemukan konten-konten atau posting pada halaman blog dan web Anda.
Karena kurang paham saya mencoba berselancar di mesin pencari dengan mengetik kata kunci Panduan Membuat datar isi blog pada bila telusur, dan sungguh menakjubkan ada Sekitar 4.710.000 hasil yang ditemukan. 

Dimulai dengan mengunjungi posting peringkat pertama pada halaman pertama hasil pencarian, dengan judul Membuat daftar Isi Blog Paling Keren, saya baca dengan seksama isi postingan tersebut, disitu dijelaskan bahwa situs tersebut mengklaim menyediakan kode daftar isi blog yang otomatis dapat menyesuaikan, berdasarkan label/category yang ada di posting blog atau web anda, satu lagi keistimewaan daftar blog ini bergambar (thumnail). Anda tinggal mengcopi kode tersebut serta mempastekannya ke mode HTML halaman blog atau web Anda, tapi apa yang terjadi kode atau script daftar isi tersebut tidak berfungsi setelah Anda terapkan pada blog atau web Anda.

Selanjutnya saya mencoba untuk membuka posting peringkat dibawahnya, halaman yang sama, ternyata mengalami masalah yang serupa, bahwa kode yang mereka sediakan tidak berfungsi setelah Anda terapkan. Pantang menyerah, satu persatu postingan tersebut saya buka dan kodenya coba saya terapkan hingga akhirnya sampai halaman sepuluh, ternyata semua kode daftar isi tersebut setelah Anda copi dan di pasang pada web atau blog Anda tidak pernah berhasil.

Oleh sebab itu dari pada membuang waktu membuka blog atau web yang menjelaskan itu-itu saja dan ketika Anda mencoba menerapkan kode daftar isi tersebut pada blog atau web ternyata tidak berhasil juga, lebih baik Anda membuat kode atau script daftar isi sendiri pada web yang menyediakan layanan tersebut dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Berikut web penyedia layanan pembuatan daftar isi tersebut :

Pertama, feed2js.org
Dengan bantuan website ini, membuat daftar isi pada blog atau web Anda sangat gampang. Sekarang Anda dapat melihat bagaimana output dari konten RSS dihasilkan oleh Feed2JS yang dapat disesuaikan dengan menerapkan style sheet yang berbeda. Setiap bagian dari gaya memiliki identifier, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan gaya ke kotak yang berisi feed, judul, tampilan item, dan teks tanggal posting.

Berikut langkah-langkahnya membuat daftar isi blog atau web sendiri tersebut :
  • Buka halaman http://www.feed2js.org/
  • Pada halaman klik Build
  • Pada kolom pertama ganti URL http://cogdogblog.com/feed/ dengan RSS feeds Blog atau web Anda (mengetahui rss feeds buka halaman blog atau web Anda, klik kanan lihat sumber laman dan cari tulisan seperti ini http://www.kerkuse.id/feeds/posts/default?alt=rss
  • Pada kolom Select a Style, silakan Anda pilih tampilan daftar isi Blog atau web Anda yang anda inginkan, setelah itu silakan pratinjau dengan mengklik style this feed! jika nggak cocok silakan pilih style lain.
  • Jika sudah sesuai keinginan dan selera silakan copi kode dibawah pratinjau tersebut, dan pastekan ke Laman baru (bukan pos) dalam mode HTML selanjutnya pada judul masukan daftar isi, setelah selesai silakan publish. jadi deh daftar isi blog atau web baru Anda

Kedua, xml-sitemaps.com
Selain website diatas mungkin alternatif  selanjutnya dalam membuat daftar isi atau sitemaps blog atau web Anda adalah website ini, karena dengan bantuan website ini Anda dapat menempatkan sitemaps XML kedalam laman blog atau web Anda.

Berikut langkah-langkahnya membuat daftar isi blog atau web sendiri tersebut :
  • Buka halaman http://www.xml-sitemaps.com/
  • Pada halaman klik Free Onle Sitemaps
  • Pada kolom Starting URL masukkan URL Anda lengkap (contoh URL lengkap http://www.xml-sitemaps.com/)
  • Pada Change frekuensi pilih Always
  • Pada Last modification pilih Use server's response 
  • Pada Priority pilih Automatically Calculated Priority 
  • Selanjutnya klik star sampai proses selesai
  • Ketika tampil tulisan your sitemaps is ready kemudian Anda download Sitemap.html
  • Buka dengan notepade silakan copi kodenya, dan pastekan ke Laman baru (bukan pos) dalam mode HTML selanjutnya pada judul masukan daftar isi, setelah selesai silakan publish. jadi deh daftar isi blog atau web baru Anda

Memang ada jutaan posting yang membahas Cara Membuat Daftar Isi Blog atau Web yang dapat Anda temukan, tetapi sedikit posting yang membahas tentang bagaimana Cara Membuat site map atau Daftar Isi Blog atau Web sendiri, mudah-mudahan postingan kali ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang bagaimana membuat daftar isi blog atau web tersebut. Sekiat terima kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner