October 09, 2016

Memaksimalkan Penggunaan Google Chrome

Kita dapat memaksimalkan penggunaan Google Chrome, karena  Google Chrome banyak menyimpan rahasia yang tersembunyi, yang sangat bermanfaat bagi pengguna internet.

Bicara tentang Chrome, tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Chrome? Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. (sumber Wikipedia).

Ilurtrasi Google Chrome Kerkuse.id

Chrome juga perambah web dari Google yang cepat, sederhana, dan aman, khusus dibuat untuk web modern. Selain itu Chrome juga konfatibel dengan komputer, ponsel dan tablet anda.

Chrome memiliki dua produk unggulan, yaitu sebagai browser atau web perambah selanjutnya sebagai toko Crome (Chrome store). Anda dapat memaksimalkan penggunaan Google Chrome dengan dua produk tersebut yaitu:

  • Chrome sebagai browser, selain sebagai perambah, juga memiliki rahasia tersembunyi lain yang bermanfaat diantaranya :

  1. Menyimpan laman Web sebagai PDF,Google Chrome sudah dilengkapi PDF writer. Ketika menemukan hal penting di laman web, Anda bisa memencet Ctrl+P di Windows atau Cmd+P di Mac lalu pilih "Save as PDF" dari daftar yang tersedia untuk mengunduh laman tersebut sebagai dokumen PDF.
  2. Membuat pintasan keyboardAnda bisa membikin sendiri pintasan keyboard di Google Chrome menggunakan extension Chrome apps. Ketik chrome://extensions di bar alamat web untuk membuka laman Extensions, seret ke bawah dan klik tautan Keyboard Shortcuts.
  3. Hapus riwayat penjelajahan web secara selektif Kita bisa menghapus riwayat di Chrome melalui menu chrome://history. Misalnya, Anda ingin mengapus 20 halaman dari log riwayat, Anda tak harus mengklik satu per satu di kotak bagian kiri. Caranya, klik kotak pertama, tekan shift dan pilih kotak terakhir. Semua kotak di antara kotak pertama dan terakhir akan otomatis terklik juga.
  4. Tampilkan semua password yang tersembunyi Google Chrome bisa mengingat dan otomatis mengisi password saat Anda mengunjungi halaman tertentu, tetapi passwordnya disimpan dalam tanda titik. Jika Anda ingin menampilkan seluruh password yang tersimpan, buka Developer Tools, pilih menu password lalu ubah input type dari password ke teks. Cara lainnya, Anda bisa menemukan password yang tersimpan melalui chrome://settings/passwords.
  5. Tulis email dari address barJika Anda ingin menulis email baru di Chrome, Anda akan membuka situs Gmail dan mengklik tombol compose. Sebenarnya ada juga cara lain, buka saja address bar dan ketik mailto command misalnya mailto:penerima@domain.com. Hal ini akan membuka halaman compose Gmail dan secara otomatis mengisi alamat email yang hendak Anda tuju.
  6. Mencatat di dalam Chrome Ada banyak extensions bagus di Chrome yang mirip dengan notepad, tetapi ada juga trik sederhana untuk mengubah Chrome menjadi text editor. Buka saja tab baru dan tempelkan data:text/html, ke address bar. Klik di mana saja di dalam tab dan mulailah mengetik.

  • Chrome sebagai Chrome Store, selain sebagai toko Crome, juga memiliki rahasia tersembunyi lain yang bermanfaat diantaranya: 
  1. Sebagai Pusat Aplikasi, Anda dapat menambah atau mendownload berbagai aplikasi gratis yang kita suka, mendengar musik online, DJ online sesuka hati serta banyak lagi aplikasi yang bermanfaat lainnya.
  2. Sebagai Pusat Games, kita dapat menambah atau mendownload berbagai aplikasi game gratis yang kita suka baik online atau ofline dengan Chrome.
  3. Menambah Ektension, Anda dapat menambah atau mendownload ektension gratis yang anda suka ke browser anda 
  4. Memilih Thema, Jika bosan dengan thema browser Chrome Anda yang itu-itu saja silakan anda pilih sesuka hati Anda Ribuan Thema yang dapat Anda pilih. 
Sekian ulasan saya tentang bagaimana memaksimalakan penggunaan Google Chrome, web perambah yang ada pada komputer, ponsel serta tablet anda, tentu masih banyak lagi manfaat Google Chrome lain yang tidak dapat saya tulis seluruhnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat




NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner