advertise

October 18, 2016

Jangan Berharap Lebih Dari sebuah Blog

Hayalan untuk mendapatkan uang yang banyak, lebih banyak dari uang Kanjeng Dimas, tinggal mimpi. Karena blog yang telah Anda buat dengan susah payah belum juga menghasilkan uang sepeserpun. 

Mungkin benar yang dikatakan orang, Jangan berharap lebih dari sebuah blog, sebab untuk menghasilkan uang dari sebuah blog tidaklah mudah. Seperti kata pepatah maksud hati ingin memeluk gunung, apalah daya tangan tak sampai.

Begitulah kira-kira untuk menggambarkan masalah ini. Dengan menghabiskan waktu berhari-hari didepan laptop kesayangan, mencari referensi di perpustakaan daerah, membeli buku di sebuah toko buku dengan harga yang lumayan, dengan satu harapan yaitu dapat membuat sebuah artikel yang unik dan menarik sehingga dapat mendaftarkan diri di suatu program iklan di suatu situs. Tetapi apalah daya pendaftaran tersebut ditolak. 

Begitu berat perjuangan tersebut, biaya, waktu, tenaga dan pikiran telah Anda korbankan, dengan harapan bisa mendapat penghasilan di blog, ternyata harapan itu tinggal harapan, apa yang telah Anda dapat tidaklah setimpal, bahkan rugi yang Anda dapati, seperti biaya listrik, paket data, penyusutan laptop, yang tidak pernah tergantikan.

Banyak tutorial, ebook, artikel, yang mengiming-imingi Anda, bahwa dengan membeli produk mereka tersebut Anda bisa mendapatkan banyak uang dengan mudah di blog, menurut saya belum tentu kebenarannya, jika Anda turuti mereka hanya kerugian yang kita dapat, yang ada hanyalah rantai kebohongan yang saling terkait yang dimulai dari blog yang satu ke blog yang lainnya, padahal itu mereka lakukan hanya menarik pengunjung untuk datang ke blognya, masalah hasil belum tentu juga mereka mendapatkannya.

Menurut saya jika Anda ingin membuat blog, ubahlah niat Anda untuk mendapatkan uang lebih dari sebuah blog, sebab itu belum tentu berhasil, yang ada hanya rasa kecewa dan ke putusasaan. Dengan mengubah niat Anda, Anda akan fokus menulis tanpa beban, tanpa syarat, dan dapat menulis sesuatu hal sesukamu.

Kita anggap blog adalah sebuah diary, dimana sebuah diary kapanpun kita suka kita akan menulisnya, sebaliknya jika kita malas, kita diamkan ia tergeletak di sebuah meja. Kita tidak perlu mempromosikan diary kita, kita tidak butuh mengundang orang beramai-ramai untuk membacanya. Tetapi jika orang lain mau membacanya tentu kita tidak akan melarangnya.

Begitulah sebaiknya memiliki sebuah blog, kita tidak perlu dibebankan dengan hal yang bersifat mengharap-harapkan, karena hal yang mengharap-harapkan jika tidak sesuai kenyataan akan berujung dengan kekecewaan. Berjalan apa adanya tentu akan lebih baik, sebab sebuah karya tidak perlu mendapat pengakuan, sebaliknya pengakuan perlu sebuah karya. 

Sekian tulisan tentang ''jangan berharap lebih dari sebuah blog'' ini dibuat, bukan bermaksud mau mengecilkan para blogger yang telah bersusah payah mebangun blognya, untuk mendapatkan pengahsilan. Tulisan ini saya buat hanya sebagai curahan hati. 
Terima kasih, semoga bermanfaat 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner