advertise

October 19, 2016

Rahasia Google menjadi Populer

Google Inc. merupakan sebuah perusahaan multinasional yang terbilang muda, didirikan pada tanggal 4 September 1998, dengan umur yang terbilang muda tersebut ternyata Google telah menjelma menjadi mesin pencarian terbesar di planet bumi ini. 

Google telah menjadi mesin telusur yang ideal dan ramah bagi penggunanya, terbukti hampir di setiap gadget, telepon pintar tertanam mesin telusur Google. Ketika anda ingin mencari sebuah kata kunci di internet anda akan selalu menggunakan Google, walaupun ada lambang "Y" di bidang telusur Mozilla Firefox, Anda tetap akan merubah lambang pencarian tersebut dengan lambang "G" ini berarti bahwa Anda kurang yakin dengan mesin telusur lain, kecuali satu yaitu mesin telusur Google.

Pertanyaannya, sebenarnya apa yang telah membuat Google begitu akrab dengan para peselancar di dunia maya tersebut?

Mungkin jawabannya adalah karena Google telah mampu menciptakan fans yang loyalis atau alasan lain yang juga masuk akal adalah karena Google tertalalu akrab bagi Anda, atau karena mungkin Anda adalah member Google.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa Google mampu menciptakan fans yang loyalis tersebut?

Tidak dipungkiri selain layanan-layanan Google menarik yang telah banyak membantu bisnis Anda, juga yang tidak kalah pentingnya adalah Orang-orang di balik layarlah yang membuat Google menjadi perusahaan seperti saat ini. Karena mereka memperkerjakan orang-orang yang cerdas dan tekun, yang lebih mengutamakan kemampuan di atas pengalaman.

Berikut rahasia Google sehingga menjadi raksasa di internet :


Manajemen Unik di Google

Google memperkerjakan orang-orang yang cerdas dan tekun, yang lebih mengutamakan kemampuan di atas pengalaman. manajemen Google sangat gigih memberikan layanan fasilitas yang sungguh menyenangkan kepada segenap karyawannya. Seperti layanan-layanan berikut :

Transportasi Gratis
Google memberikan transportasi gratis bagi para karyawannya yang tinggal di sekitar Mountain View, dekat dengan lokasi Googleplex (kantor Google). Google juga menyediakan perlengkapan pangkas rambut gratis di kantor bagi yang sibuk. Mereka tak perlu pergi ke salon sendiri dan antre untuk memangkas rambut atau poninya. Agar para karyawannya benar-benar beristirahat di akhir pekan, Google menyediakan perlengkapan laundry dan layanan dry cleaning di kantornya. Jadi, kapan saja karyawan dapat mencuci pakaian kotornya.

Pusat Olahraga
Di Googleplex, karyawan juga bisa bersantai dan berolahraga seperti bermain ping pong, biliar, dan foosball alias table football. Meja-meja permainan ini terletak di beberapa tempat dalam gedung. Bagi para Googler yang hobi bermain game, Google juga menyediakan perlengkapan video game.

Boleh membawa hewan peliharaan.
Karyawan Google boleh membawa hewan peliharaannya ke kantor. Akan tetapi, yang satu ini rasanya sulit jika ingin dilakukan karena bekerja sambil mengawasi hewan peliharaan bukan hal yang mudah dilakukan. Untuk menyambut akhir pekan, setiap Jumat, para Googler biasa berkumpul bersama sambil minum bir dan anggur gratis.

Makanan dan minuman gratis
Makan siang gratis di kantor karyawan mungkin hal yang sudah biasa di banyak kantor. Nah, di Googleplex, selain makan siang, sarapan dan makan malam pun selalu tersedia bagi karyawan. Ini karena lokasi kantor Google agak jauh dari restoran. Fasilitas yang satu ini membuat para Googler bisa menghemat waktu dan uang mereka. Googleplex juga dilengkapi dapur-dapur kecil yang menyediakan kopi, snack, dan minuman bagi para karyawan. Dapur-dapur itu ditempatkan berdekatan dengan ruang kerja karyawan agar Googler tak perlu pergi jauh dari mejanya untuk mengambil makanan.

Jaminan Kesehatan
Agar karyawannya tetap bugar, Google menyediakan gym dan kolam renang di lingkungan kantornya. Tak tanggung-tanggung, kolam renang itu dijaga oleh petugas khusus untuk memastikan keselamatan para penggunanya. Karyawan Google yang tidak enak badan atau terluka saat bekerja juga bisa membuat janji dengan dokter di Googleplex.

Aturan 80/20
Aturan Google yang satu ini sangat terkenal. Google menuntut para karyawannya untuk menghabiskan 80 persen waktu kerja di kantor untuk mengerjakan pekerjaan mereka, dan meluangkan 20 persen sisanya untuk mengerjakan proyek khusus sesuai passion mereka. Artinya, dalam waktu kerja standar selama seminggu, ada satu hari penuh yang dapat mereka gunakan untuk mengerjakan proyek di luar pekerjaan utama mereka. Google banyak mengembangkan teknologi masa depan di Google Labs. Menurut Google, kebanyakan teknologi canggih itu justru berawal dari proyek-proyek "sampingan" para karyawan dalam program 20 persen itu.

Bertemu banyak orang pintar
Karyawan Google adalah orang-orang yang pintar. Di Googleplex, mereka juga terbiasa bertemu dan bekerja dengan orang-orang pintar lainnya, termasuk Larry Page dan Sergey Brin. Googler juga sudah terbiasa bertemu dan bekerja dengan para pemimpin, pemikir, dan seleb di industri teknologi.
Meskipun para karyawannya sudah pintar, Google tetap mendorong mereka untuk selalu belajar. Salah satu buktinya, pintu kamar mandi dan bagian atas urinoir dalam toilet kantor mereka dihiasi berbagai puzzle dan tips seputar coding. Rupanya para Googler juga percaya bahwa toilet merupakan salah satu tempat terbaik untuk menemukan inspirasi.

TechStop
TechStop adalah unit tech-support yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. Di sana, para karyawan yang mendapat kesulitan berhubungan dengan hardware dan software bisa meminta pertolongan. TechStop buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Urusan TI sepele sekalipun akan dilayani di tempat ini, termasuk ketika karyawan lupa membawa charger laptop-nya ke kantor.

Cuti melahirkan dan punya anak
Google juga bermurah hati memberikan cuti "menyambut anak" bagi para karyawan laki-lakinya.
Google memberikan hadiah "libur" selama 6 minggu, dan tetap digaji, kepada Googler laki-laki yang istrinya melahirkan. Sementara itu, kepada Googler perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir. Bukan itu saja. Setelah kelahiran sang anak, karyawan juga mendapatkan bonus untuk meringankan biaya-biaya membeli kebutuhan bayi. Setelah sang ibu kembali bekerja, dia bisa membawa bayinya ke kantor dan menitipkannya di fasilitas Day Care yang disediakan di Googleplex.

Tunjangan kematian
Ketika ada Googler yang meninggal dunia, perusahaan akan mencairkan asuransi jiwa karyawan dan memberikannya kepada keluarga yang ditinggalkan. Google juga akan membayarkan setengah dari gaji karyawan tersebut kepada suami/istrinya yang ditinggalkan hingga 10 tahun ke depan. Selain itu, Google juga akan memberikan tunjangan sebesar 1.000 dollar AS yang diberikan setiap bulan kepada anak-anak almarhum

Budaya kerja di Google

Meskipun Karyawan Google memiliki tujuan dan visi yang sama untuk perusahaan, tetpi Google menerima semua orang dari latar belakang yang berbeda dan dengan keragaman bahasa, yang mencerminkan pengguna global layanan Google.

Di luar pekerjaan, Karyawan Google melakukan bermacam hobi, mulai dari bersepeda hingga beternak lebah, mulai dari bermain frisbee hingga berdansa foxtrot.

Google berusaha mempertahankan budaya terbuka yang sering kali dikaitkan dengan perusahaan rintisan, yang mana setiap orang merupakan kontributor aktif dan merasa nyaman untuk berbagi ide serta opini.

Dalam pertemuan wajib mingguan yang dikenal dengan istilah (“TGIF”), tidak termasuk yang lewat email atau di kafe, para Karyawan Google mengajukan pertanyaan langsung kepada Larry, Sergey, serta eksekutif lainnya mengenai masalah perusahaan, berapa pun banyaknya. Kantor dan kafe mereka dirancang untuk mendorong interaksi antara Karyawan Google di dalam tim dan antartim lainnya, serta untuk menghidupkan percakapan tentang pekerjaan serta bermain.

Layanan-layanan Google
Layanan Google dibawah ini mampu menciptakan fans yang loyalis, sehingga memberikan manfaat yang besar terhadap kemajuan Google sebagai raksasa dunia internet.  Berkut layanan-layanan tersebut :

Laynan Email Gmail

Gmail merupakan salah satu layanan Google yang paling banyak digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Pada tahun 2016 ini Google Gmail telah mencatatkan sejarahnya dengan jumlah pengguna layanan Gmail mencapai satu milyar orang. Berikut kelebihan gmail dibandingkan dengan layanan email lainnya yaitu :

  • Gmail tidak pernah kadaluwarsa. Apa maksudnya?? Artinya Email dari Gmail tidak memiliki masa berlaku alias akun gmail bisa dipakai seumur hidup walaupun kamu tidak pernah membuka email dalam 1 bulan, 4 bulan, 1 tahun bahkan bisa lebih. Email lain seperti yahoo, akun email kamu akan terhapus otomatis setelah 4 bulan tidak pernah dibuka. Walaupun masih bisa dipulihkan atau diaktifkan kembali, tapi membutuhkan proses yang cukup ribet untuk mengembalikannya.
  • Satu akun untuk semua. Inilah kelebihan lain dari produk google. Jika kita sudah punya alamat email dari gmail, maka secara otomatis akun email tersebut juga bisa dipakai untuk produk google yang lain seperti google drive, youtube, blogger, google web master,google plus dan produk google yang lain.
  • Bisa login banyak akun dalam waktu yang sama. Google membolehkan kita agar bisa login ke dalam beberapa akun dalam satu sesi yang bersamaan sehingga kamu tidak perlu membuka banyak windows browser untuk membuka email.
  • Kapasitas penyimpanan besar. Kapasitas penyimpanan email dari gmail ini terbilang cukup besar yaitu 15 GB. Jika menurut kamu masih kurang, kamu juga bisa mengupgrade  ke kapasitas 100 GB dengan membayar hanya $1,99 / bulan. Menurut saya itu harga yang sangat murah dari layanan email .
  • Bisa sinkronisasi akun gmail dengan google chrome. Dengan menggunakan gmail, kamu bisa terhubung dengan data kamu di internet. Sebagai contoh kamu memiliki history dan bookmark penting di google chrome, kemudian kamu ingin bookmark dan history tersebut ada di komputer lain, caranya mudah. cukup login dengan menggunakan aku gmail kamu di komputer tersebut. dan fitur-fitur lainnya/

Layanan Blogger

Setelah Gmail, Blogger juga merupakan layanan dibawah Google, merupakan sebuah sarana yang memberikan layanan publishing (penerbitan) informasi atau tulisan. Blogger merupakan sarana yang disediakan oleh Google dalam membantu para publishing untuk menulis artikel dan mempromosikan brandnya. Sedangkan Google mendapatkan keuntungan dengan penggunaan layanan mereka tersebut, dengan kata lain semakin banyak pengguna Google semakin naik pula Brand Google.

Selain Gmail, layanan Blogger Google telah mampu membuat member atau fans yang loyalis terhadap penggunaan brand google tersebut, dimulai dari mesin telusur Google, Email Gmail dan masih banyak lagi layanan lainnya.

Dengan layanan blogspot.com Google tidak perlu lagi melakukan promosi terhadap produk mereka, sebab tanpa di sadari para publishing atau para blogger, telah mempromosikan brand Google tersebut secara gratis. Tentu saja layanan seperti ini tidak dipunyai oleh yahoo, dan Aol dan lainya.

Layanan Adsense

Merupakan layanan yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan uang tambahan dari internet dengan cara memasang iklan.

Adsense adalah layanan penghibur bagi para blogger. Kenapa demikian, karena yang mendaptkan bayaran tertinggi dari iklan tersebut adalah Google, ketika para blogger bersusah payah membuat artikel, Google tinggal menempelkan iklan di artikel tersebut, dan mendapatkan bayaran yang tinggi dibanding dengan pemilik blog itu sendiri. Tentu saja Google semakin besar, karena tanpa bersusah payah mereka telah memiliki fans abadi, yang siap membantu membesarkan brand Google dan keuntungan Google. Pemikiran seperti ini yang tidak dimiliki yahoo, dan lainnya.

Kesimpulan
Lima hal yang menjadi Rahasia Google,  sehingga Google Inc. menjadi mesin pencari terbesar di planet ini, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Manajemen yang baik
  2. Budaya kerja unik
  3. layanan Gmail 
  4. Layanan blogger
  5. Layanan Adsense

Tentu poin satu sampai poin tiga pasti sudah dimiliki mesin pencari lainnya, cuma sayang poin yang sangat penting berikutnya yaitu layanan blogging dan adsense tidak mereka miliki. Sehingga mereka jauh tertinggal dibandingkan dengan apa yang telah di capai Google abad ini.

Sekian, penjelasan saya tentang Rahasia Google, menjadi Mesin Pencari terbesar di planet ini. Jika ada yang salah terhadap tulisan ini saya mohon maaf. Terima kasih, semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner