October 12, 2016

Andriod Plaform Populer Antar Muka di Dunia

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Hampir separuh penghuni bumi ini tentu pernah mendengar nama Android, sebuah plaform Populer Antar Muka yang digunakan di berbagai perangkat yang sehari-hari telah kita gunakan, seperti komputer jinjing, handphone, tablet, jam tangan, Tv, dan peralatan pintar lainnya. 


Andriod Plaform Populer Antar Muka di Dunia


Sistem operasi berbasis Linux ini dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Kemudian Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008. Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. 

Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada komputer jinjing, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android 

memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, 

Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java.

Sifat Android yang terbuka juga telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.

Pada bulan September 2016 kemaren genaplah delapan tahun Ponsel Android diperkenalkan dan di jual di pasaran. Sekarang Keberadaan android sebagai platform paling populer bagi pengembang aplikasi bergerak, dengan lebih dari 2 juta aplikasi yang tersedia di Android dan sekitar 11.1 milyar aplikasi yang telah di unduh dari Google Play (sumber Phonearena). Hingga sekarang pengguna aktif bulanan Android meningkat pesat.


Faktor-faktor di atas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di 

dunia, mengalahkan Symbian dan plaform lainnya.

Dengan bertambahnya umur, tidak dapat dipungkiri bahwa Android menguasai pangsa pasar telepon pintar di planet bumi ini, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, Sony. T-mobile, HTC,dan lain-lain, serta menghasilkan berbagai perangkat Android berbeda dengan beragam versi.

Fakta tentang Android :
  1. Android adalah robot yang dibuat menyerupai manusia, baik secara tampilan maupun tingkah laku, kata ini berasal dari bahasa yunan "andr-" yang berarti laki-laki dan akhiran "-eides", yang berarti "dari spesie;menyerupai" (dari "eidos":spesie) 
  2. Android (sistem operasi) merupakan sistem operasi berasis linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh, seperti telepon pintar dan tablet.
  3. Android adalah sitem operasi dengan sumber terbuka, dan google merilis kodenya dibawah lisensi apache.
  4. Android Merupakan Plaform populer di muka bumi saat ini


Fitur-fitur Android :

Antar muka

antarmuka pengguna android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa degan tindakan didunia nyata, misalnya menggesek, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek layar.

Aplikasi

Android memungkinkan penggunanya untuk memasang aplikasi pihak ketiga, baik yang diperoleh dari toko aplikasi seperti google play, Amazon appstore, ataupun dengan mengunduh APK dari situs pihak ketiga. Di Google Play pengguna bisa menjelajah, mengunduh, dan memperbaharui aplikasi yang diterbitkan pihak ketiga sesuai dengan persyaratan kompatibilitas Google.

Pengelola Memori

Karena perangkat Android umumnya bertenaga baterai, Android dirancang untuk mengelola memori, guna menjaga konsumsi daya minimal, berbeda dengan sistem operasi destop yang bisa terhubung pada sumber daya listrik tak terbatas. Android mengelola aplikasi yang tersimpan secara otomatis : ketika memori lemah sistem akan menonaktifkan aplikasi dan proses yang tidak aktif untuk sementara waktu. 

Sekian informasi tentang Android sebagai Plaform populer antar muka Dunia, jika ada kekuragan dalam posting ini mohon koreksi yang membangun, untuk perbaikan posting-posting berikutnya. Terima kasih semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Popular Posts

 

Delivered by FeedBurner