advertise

September 06, 2016

Dasar Perencanaan Boxculvert

Dasar-dasar perencanaan boxculvert atau gorong-gorong persegi beton bertulang biasanya berpedoman pada perencanaan pembebanan jembatan dan jalan raya.

Pada umumnya konstruksi gorong-gorong persegi bertulang atau boxculvert mengalami tegangan tarik yang cukup besar akibat adanya gaya-gaya luar yang ada. Tegangan tarik yang ditimbulkan oleh gaya luar tersebut ditahan oleh tulangan tarik yang ada pada struktur beton bertulang.

tampak samping boxculvert

Dasar-dasar perencanaan Boxculvert

  • Analisa Pembebanan
Perhitungan struktur didasarkan pada asumsi tanah lunak yang umumnya disebut highly compressible, dengan mengambil hasil pembebanan terbesar/maksimum dari kombinasi pembebanan sebagai berikut:

  1. Berat sendiri gorong-gorong persegi beton bertulang atau boxculvert
  2. Beban roda ganda (dualwheel load) 10 ton atau mutan rencana sumbu 20 ton.
  3. Beban kendaraan diatas konstruksi gorong-gorong persegi ini diperhitungkan setara dengan muatan tanah setinggi 60 cm
  4. Tekanan tanah aktif
  5. Tekanan air dari luar
  6. Tekanan hydrostatic (qa)  
tampak samping sayap boxculvert


  • Penulangan, penulangan gorong-gorong beton bertulang ini dirancang sedemikian rupa sehingga :
  1. Mudah dilaksanakan agar didapat hasil yang rapi dan sesuai dengan perhitungan serta gambar.
  2. Diameter tulangan yang digunakan 19 mm, 16 mm, 12 mm, dan 10 mm (menghindari penggunaan tulangan dengan diameter yang beragam)
  3. Bentuk atau ukuran segmen penulangan sederhana, praktis, dan dapat dipakai pada beberapa segmen gorong-gorong serta beratnyapun diperhitungkan sedemikian rupa sehingga mudah dirakit atau dipasang dan diikat.
  4. Pembengkokan dan penempatan tulangan direncanakan sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan pemakai jalan bila penutup beton pecah karena benturan keras atau aus (ujung tulangan tidak akan menonjol ke permukaan lantai kendaraan)  
Bagi yang berminat cara perhitungan Boxculvert dengan berbagai ukuran, silakan kirim permintaan melalui email, pasti akan saya berikan datanya dengan format excel. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner