ads

Informasi Penting

Untuk membantu pengembangan website ini, Beberapa file yang ada di www.kerkuse.id berbayar seperti, AHSP 2022, Analisa SDA, Analisa Bangunan Gedung, dll, untuk harga silakan konfirmasi di email: 99brens@gmail.com atau hubungi saya melaui Whatsapp 081256600602 Mohon maaf atas keitidak nyamanan ini. Sedangkan file gratis akan saya bagikan setelah perbaikan link yang mengalami perubahan, paling lama satu bulan sejak ini disampaikan. Trims

Analisa Debit Banjir (Flood Analysis)

Untuk desain pelimpah bendunganan, diperlukan data debit banjir rencana yang realistis. 

Distribusi Curah Hujan Rencana

Banjir rencana di bedakan menjadi dua, yaitu banjir rencana dengan periode ulang tertentu misal banjir (misal Q25) dan Probable Maximum Flood (PMF). Untuk desain bendunganan debit banjir dengan kala ulang 2, 5, 10, 25, 50, 100, 1000 tahun dan PMF. 

Untuk bangunan pengelak, di desain dengan banjir kala ulang 25 tahun, tergantung pada pertimbangan risiko dan biaya pembangunan. Banjir rencana dengan periode ulang tertentu dapat dihitung dan data debit banjir atau data hujan. 

Apabila data debit banjir tersedia cukup panjang (>20 tahun), debit banjir dapat langsung dihitung dengan metode analisis probabilitas Gumbel, Log Pearson-III atau Normal. 

Sedang apabila data yang tersedia hanya berupa data hujan dan karakteristik DPS, metode yang disarankan untuk digunakan adalah metode hidrograf satuan/unit hidrograf. Khusus untuk perhitungan PMF, metoda perhitungan yang paling sesuai adalah hidrograf satuan

Subscribe to receive free email updates: